Senin, 04 Oktober 2010

jadilah seperti air

"JADILAH SEPERTI AIR,,,,DAN JANGAN IKUTI JEJAK AWAN"

1. Air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah.
sifat yang satu ini mengingatkan kita untuk selalu RENDAH HATI. semakin tinggi posisi kita, maka semakin cepat kita harus merendahkan hati. sama seperti air, semakin tinggi posisi air maka semakin deras air mengalir kebawah

2. Permukaan air selalu datar
permukaan air yang datar ini melambangkan kesederajatan, bahwa kita memiliki DERAJAT YANG SAMA, jadi jangan membeda-bedakan, jadilah seperti air yang mudah bercampur dengan banyak zat.

3. Air dapat melalui celah-celah kecil (kapiler)
bila kita memiliki air satu ember penuh dan didasar ember ada lubang kecil, maka air akan keluar. sama halnya jika kita memiliki masalah...apakah kita akan berusaha terus mencari lubang untuk keluar atau lebih memilih untuk tetap berada didalam??? 
JANGAN MENYERAH !!! sama seperti air, sekecil apapun lubangnya air akan tetap keluar sampai habis, sama halnya jika kita memiliki masalah, kita harus mencari lubang untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi, jangan sampai terbelenggu didalam masalah.

4. Air mengikuti bentuk wadah
jika kita memiliki satu gelas air kemudian memindahkannya kedalam piring,,, apa air dalam piring akan tetap berbentuk gelas???? sifat air yang satu ini mengajarkan kita untuk CEPAT MENYESUAIKAN DIRI dengan lingkungan dimana kita berada.
jika kita memiliki air satu gelas penuh, lalu kita memasukkan batu kedalamnya apa yang akan terjadi???
yaaa tentu saja airnya tumpah dan batunya ada didalam gelas. hehehehe....
nahhhhh, hal ini mengajarkan pada kita untuk MENGALAH. sama seperti air.... dia ga menolak batu untuk masuk kedalam gelas, tapi memberi ruang pada batu untuk masuk.

5. Riak air selalu berbentuk lingkaran
lingkaran adalah lambang KEADILAN.... kita harus ingat untuk berlaku adil disetiap tindakan kita.

6. Air tenang kembali setelah dilempar batu
sifat air yang ini mengingatkan kita untuk bisa MENGUASAI DIRI DALAM KEADAAN APAPUN, walaupun pada awalnya ada riakan air, tapi air akan tenang kembali,,, yang namanya emosi pasti ada dunk, namanya juga kita manusia, tapi kita harus cepat nguasain diri buat kita tenang lagi dan bertindak dengan kepala dingin.

7. Air tidak meninggalkan bekas
bayangin didepan kita ada seember penuh air, kemudian kita sedang emosi dan kesellllll banget, truz kita pukul-pukul tuh air....apa di airnya ada bekas pukulan berbentuk tangan kita???? ga mungkin kaaaannn... (serem juga kalo ada...)
ini juga bisa jadi sebuah renungan buat kita, kalo kita disakitin, kita jangan menyimpannya didalam hati atau bahkan sampai mendendam. belajarlah buat saling MEMAAFKAN.......


so,,,,jangan sekali kali seperti awan!!! awan berasal dari tempat yang rendah, tapi ingin cepat berada di tempat yang tinggi. semakin ringan semakin ia tak berbobot, awan semakin cepat ingin meninggi, tapi..... ketinggian awan cuma jadi bahan permainan angin.


(salam hangat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar